fukyma
Blog Universitas Komputer Indonesia

Corsair Memory bikin BSOD (Blue Screen Of Death) teratasi dengan Penghapus pinsil

Corsair Memory bikin BSOD (Blue Screen Of Death) teratasi dengan Penghapus pinsil
Corsair Memory bikin BSOD (Blue Screen Of Death).
Dapat dilihat di www.corsair.com dan http://forum.corsair.com, penyebab BSOD kebanyakan bukan dikarenakan kerusakan pada chip memory yang dipakai atau kesalahan dari Corsair sendiri. BSOD terjadi dalam beberapa faktor yang diantaranya :
  • Kekurangan daya listrik dari power supply.
 Daya listrik / PS merupakan bagian penting dari semua jenis komputer rakitan, terutama jenis gamers. Dengan pemakaian hardisk yang besar, VGA dengan kemampuan yang mumpuni dan Mobo jenis overclocker memerlukan daya listrik yang besar. Sesuaikan PS dengan jenis komputer yang dirakit.

  • Mobo memberikan setting power default namun daya tidak mencukupi.
Motherboard secara default melakukan setting sesuai modul komputer yang digunakan. Memory memerlukan daya yang cukup agar lebih stabil, jika pada spesifikasi memory memerlukan 1.5v maka mobo akan memberikan sekitar 1.5v namun hal ini hanya perkiraan sehingga terdapat beberapa jenis mobo yang memberikan keleluasaan untuk merubah setting secara manual. jika terjadi crash atau BSOD yang dikarenakan daya yang diberikanoleh mobo terhadap memory dirasa kurang, kita dapat menaikan beberapa persen dari daya defaultnya. untuk memory corsair titik aman daya yang dianjurkan hanya sampai batas dibawah 1.8v.

  • Listrik yang tidak stabil dapat menjadi penyebab hang, crash dan BSOD.
Listrik rumah yang kita gunakan memiliki voltase 220volt dengan Ampere yang berbeda tergantung dari jenis daya yang digunakan 3.5 Ampere, 5Ampere, sampai maksimum seperti halnya pada listrik pabrik. Jika kita asumsikan terdapat gejala down listrik sekitar 20% dari voltase standar 220v maka daya/wattage akan menurun. PS dengan kemampuan 500watt, 650watt dan PS jenis lainnya akan turun 20% dari daya seharusnya.

  • Pin memory tidak terkoneksi dengan baik.
Memory DDR3 memiliki standar pin 240 buah yang semuanya harus terkoneksi dengan slot memory secara baik. Secara standar pabrik digunakan grounding untuk memegang atau memasang memory pada slot komputer dan sangat tidak dianjurkan untuk memegang pin-pin memory tersebut. Pada saat pin kotor maka koneksi pin terhadap slot menjadi kurang baik dan perlu dibersihkan.

Sebuah kasus yang saya alami pada Corsair seri twin XMS3 beberapa waktu lalu sempat membuat frustasi dengan adanya BSOD yang terjadi setiap saat. BSOD terjadi ketika load memori mencapai sekitar 70% dari total memori yang tersedia. Dalam forum Corsair diberitahukan untuk menaikan Power/Voltase memory pada bios menjadi 1.77v dari standar 1.5v-1.65v, namun tidak berhasil. Menaikan Voltase Northbridge mobo beberapa tingkat, masih tidak berhasil.
Pada percobaan terakhir saya cek seri twin XMS3 Corsair tersebut satu persatu dan memang salah satu memory tersebut menyebabkan hang, crash dan BSOD dalam beberapa percobaan. Semua dapat diatasi dengan sebuah penghapus pinsil yang digunakan untuk membersihkan pin-pin memory tersebut dengan menggosoknya sampai bersih. Penyebab masalah tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah karena adanya penumpukan kotoran pada pin memori yang menyebabkan pin tidak terkoneksi dengan baik sehingga salah satu chip memori tidak dapat bekerja.
Percayakah Anda? Konsultasikan masalah anda terlebih dahulu dengan vendor part bersangkutan.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Jumat, 23 Mei 14 - 16:24 WIB
Dalam Kategori : CORSAIR, MEMORY, BSOD, BLUE SCREEN OF DEATH, PERBAIKI MEMORY
Dibaca sebanyak : 771 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback